Wisata

Jokowi Ingin Kembangkan Wisata Taman Bumi di RI

DETIKINDONESIA.ID, JAKARTA -Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin mengembangkan wisata taman bumi (geopark) Indonesia. Ia menilai geopark cocok dengan tren pariwisata di masa pandemi yang mengedepankan ekowisata (ecotourism) dan wellness tourism.

Selain menikmati keindahan alam, ia menyebut wisatawan juga bisa terlibat dalam konservasi lingkungan, mempelajari sejarah geologi, dan keragaman budaya di sekitar taman bumi.

“Selain untuk edukasi bagi anak-anak bangsa, geopark juga bisa dikembangkan menjadi tempat geowisata yang menarik,” papar Jokowi pada pembukaan Konferensi Nasional Geopark Indonesia II, Senin (22/11).

Kendati punya keunikan geologi daerah, vulkanik, flora dan fauna, serta budaya masyarakat di sekitar geopark, namun Jokowi menilai itu saja tidak cukup.

Ia berpesan untuk turut memperkuat narasi (story) di setiap geopark.

“Story tentang Gunung Purba, letusannya di masa lalu dan perjalanan peradaban di sekitar geopark,” imbuhnya.

Dalam menyukseskan pengembangan wisata taman bumi, Jokowi menekankan soal tata kelola. Ia menekankan soal perbaikan tata kelola yang melibatkan pegiat geopark, akademisi, dan masyarakat sekitar.

“Lahirkan gagasan yang inovatif, lakukan terobosan yang konkret yang menyeimbangkan konservasi dan ekonomi,” ujar Jokowi.

Penulis : Tim
Editor : Harris
Sumber : CNN Indonesia
1 2Laman berikutnya
Tetap terhubung dengan kami:
Rekomendasi untuk Anda
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Rekomendasi untuk Anda